Articles

Saya Menerapkan Pendekatan Personal
( dr. M. Sofyanto. Sp.BS )

Seorang ahli bedah saraf memiliki tanggung jawab sangat besar "secara fisik yang saya bedah memang otak tapi sebenarnya tidak, karena di dalam otak terdapat cita-cita, harapan, kepribadian, memori dan terkait jiwa seseorang serta banyak hal lainnya. Saya sangat memahami hal  ini karenanya saya selalu melakukan pendekatan personal terhadap pasien dan tidak pernah memaksa satu pasien pun untuk dilakukan operasi. Saya hanya mengoperasi pasien yang telah memahami dan siap untuk menjalaninya."

Awal perjalanan menekuni dunia kedokteran ?
Ketika lulus SMA saya ingin jadi penerbang  namun karena usia pada saat lulus SMA masih 16 tahun jadi saya ditolak. Karena mungkin bukan jalan saya  akhirnya saya pilih kedokteran.

Sudah berapa kali menangani operasi ?
Total semua operasi yang sudah saya lakukan tak terhitung satu minggu 7-10 kali operasi belum termasuk operasi darurat yang dilakukan setiap saat.

Kebiasaan yang dilakukan sebelum operasi ?
Saya mengkondisikan untuk siap operasi setiap saat, secara fisik dan mental harus sangat stabil dan senang serta selalu berdo'a memohon petunjuk Tuhan, apapun pekerjaan dan kelebihan kita akan kita pertanggungjawabkan pada Tuhan.

Apa yang dokter lakukan untuk membuat pasien merasa nyaman ?
Saya selalu menerapkan pendekatan personal dengan pasien, seorang pasien adalah subyek yang memiliki pemahaman yang berbeda-beda terhadap penyakitnya dan tidak semua harus dioperasi. Saya terangkan penyakitnya secara terinci kalau perlu saya peragakan dengan sarana visual.

Hal berkesan dari pasien anda ?
Diberikan ucapan terima kasih atau kartu ucapan dari pasien yang sembuh setelah operasi, saya ikut menikmati kebahagiaan mereka.
 
Dengan padatnya aktifitas sehari-hari bagaimana cara dokter menjaga stamina ?
Yang  utama adalah menjaga mental dan memohon perlindungan untuk pasien saya. Selain itu saya joging tiap pagi kadang treadmill di rumah, sesekali golf, diving dan yang tidak ketinggalan menjaga komunikasi dengan keluarga, sesibuk apapun saya usahakan ke rumah bertemu keluarga.
 
Kasus paling sulit yang pernah ditangani ?
Operasi kasus-kasus tumor otak biasanya memerlukan waktu lama sampai 12 jam bahkan pernah  18  jam nonstop.

Affiliation

  • Komunitas Trigeminal Neuralgia Indonesia
  • Komunitas Cervical Indonesia
  • Comprehensive Brain & Spine
Previous Next

Polling

New Website

Bagaimana pendapat anda tentang tampilan baru website ini?

1
92
Tampilan bagus, isi bagus.
2
71
Tampilan bagus, isi kurang.
3
47
Tampilan kurang, isi kurang.
4
37
Tampilan kurang, isi bagus.
5 Votes left

Surabaya Corner

 peta-surabaya

Surabaya atau lebih dikenal sebagai Kota Pahlawan dengan pertempuran heroik nya yang terjadi di tahun 1945 antara Pejuang-pejuang Arek-Arek Suroboyo melawan tentara Inggris.

Read more...

“The Soerabaja”, Games Souvenir Khas Surabaya Bikinan Mahasiswa Ubaya


sovenir-thesoerabaja 
 

Surabaya yang dikenal sebagai Kota Pahlawan ternyata belum memiliki souvenir yang benar – benar khas Surabaya.

Read more...

Jadi Tempat Nongkrong Anak Muda Sampai Fasilitas Manula


surabaya                    


Kota Surabaya saat ini tidak hanya dikenal dengan kebersihan dan kerapiannya saja tapi juga dikenal memiliki puluhan taman indah yang tersebar di berbagai penjuru kota. Taman yang lengkap dengan  aneka bunga tersebut tidak hanya berfungsi sebagai paru-paru kota tapi sekaligus menjadi tempat wisata bagi warga.

Read more...