Articles

BSC selenggarakan Gathering di Gran Senyiur

BALIKPAPAN, TRIBUN- Brain & Spine Community (BSC) berpusat di Surabaya menyelenggarakan gathering pemahaman tentang penyakit otak dan tulang belakang, menghadirkan dua pembicara utama masing – masing ahli bedah saraf kelas dunia internasional dr. Sofyanto Sp.BS dan ahli bedah plastik dr. Johan Wirawan Sp.BP.

Acara ini menurut ketua BSC Dr. Lilih Dwi Priyanto, MMT, Jumat (8/3), dilaksanakan di Hotel Gran Senyiur Balikpapan, Minggu (10/3). BSC merupakan kumpulan mantan penderita gangguan otak dan tulang belakang Indonesia yang berpusat di Indonesia yang  bergerak untuk mengampanyekan kesehatan otak dan tulang belakang di Indonesia.

Dalam gathering itu, menurut Lilih, pakar saraf Indonesia yang berkelas dunia dr. Sofyanto akan menjelaskan seputar penyembuhan medis terhadap beberapa penyakit terkait otak dan tulang belakang.

Sofyan akan mempresentasikan operasi otak serta operasi tulang belakang meliputi : spondylosis cervical (operasi tulang batang leher), spondylosis lumbal (operasi tulang belakang), juga operasi penderita hemifacial spasm (wajah perot), trigeminal neuralgia (nyeri wajah).

“Jadi dokter kita di Indonesia sudah mampu menyembuhkan penyakit – penyakit itu. Tidak harus ke luar negeri cukup di Indonesia saja,” katanya Lilih menjelaskan.

Cervical spondylosis merupakan perubahan degenerasi dari bantalan (disk) tulang belakang leher, hipertrofi hyperplasia tulang belakang leher dan cedera leher yang menyebabkan hyperplasia tulang belakang leher atau slipeped disk tulang belakang, penebalan ligament, iritasi atau kompresi saraf tulang belakang leher, saraf leher, pembuluh darah sehingga menimbulkan berbagai gejala sindrom klinis.

Manivestasi klinis dari cervical spondylosis adalah nyeri leher dan bahu, pusing, sakit kepala, mati rasa ekstrimitas atas, atrofi otot, pada kasus yang parah terjadi spasme kedua tungkai bawah dan kesulitan berjalan, bahkan muncul quadriplegia, gangguan sfingter dan kelumpuhan anggota badan.

Spondylosis cervical sering terjadi pada orang tua, tetapi dengan adanya perubahan gaya hidup dan perawatan kesehatan yang tidak memadai, penyakit cervical sponsylosis juga dapat terjadi pada remaja dan tingkat insiden pada pria lebih tinggi dibanding wanita.

Selain itu BSC juga menggandeng ahli bedah plastic Balikpapan, dr. Djohan Wirawan untuk tampil memberikan presentasi seputar bedah plastik dan seluk beluknya. Djohan yang juga pengurus Yayasan Senyum Balikpapan, sampai saat ini telah melakukan bedah rekontruksi terutama bagi penderita sumbing dan celah langit – langit mulut.

“Tugas kami adalah menyebar luaskan penanganan medis penyakit ini kepada masyarakat, agar para penderita dapat disembuhkan. Yang penting tidak harus sampai ke luar negeri ,” tutur Lilih.

Acara ini diselenggarakan di Ballroom Gran Senyiur hari Minggu (10/3), pukul 10.00 – 13.00.

Panitia setidaknya sudah menyebar undangan sebanyak 350 undangan kepada warga masyarakat, dokter, perawat, mahasiswa dan para penderita, “Acara ini tidak dipungut biaya alias gratis, sebagai persembahan BSC untuk masyarakat Indonesia,” kata Lilih. (ps)

Affiliation

  • Comprehensive Brain & Spine
  • Komunitas Cervical Indonesia
  • Komunitas Trigeminal Neuralgia Indonesia
Previous Next

Polling

New Website

Bagaimana pendapat anda tentang tampilan baru website ini?

1
91
Tampilan bagus, isi bagus.
2
71
Tampilan bagus, isi kurang.
3
47
Tampilan kurang, isi kurang.
4
37
Tampilan kurang, isi bagus.
5 Votes left

Surabaya Corner

 peta-surabaya

Surabaya atau lebih dikenal sebagai Kota Pahlawan dengan pertempuran heroik nya yang terjadi di tahun 1945 antara Pejuang-pejuang Arek-Arek Suroboyo melawan tentara Inggris.

Read more...

“The Soerabaja”, Games Souvenir Khas Surabaya Bikinan Mahasiswa Ubaya


sovenir-thesoerabaja 
 

Surabaya yang dikenal sebagai Kota Pahlawan ternyata belum memiliki souvenir yang benar – benar khas Surabaya.

Read more...

Jadi Tempat Nongkrong Anak Muda Sampai Fasilitas Manula


surabaya                    


Kota Surabaya saat ini tidak hanya dikenal dengan kebersihan dan kerapiannya saja tapi juga dikenal memiliki puluhan taman indah yang tersebar di berbagai penjuru kota. Taman yang lengkap dengan  aneka bunga tersebut tidak hanya berfungsi sebagai paru-paru kota tapi sekaligus menjadi tempat wisata bagi warga.

Read more...