Articles

Talkshow Brain & Spine Community dengan Dokter Sofyanto 

BALIKPAPAN, TRIBUN- Sekarang sudah ditemukan teknik operasi otak dan batang leher cepat, mudah, dan dijamin kesembuhannya. Hari ini operasi, besok sudah bisa pulang jalan – jalan.

Demikian diungkapkan dr. Sofyanto Sp.BS, ahli bedah saraf bertaraf Internasional saat talkshow di SmartFM bersama Tribun Kaltim, Sabtu (9/3)

talkshow smartfm

Talkshow Bedah otak dan operasi batang leher di studio Radio Smart FM Balikpapan.  Kiri ke kanan : Priyo Suwarno (Tribun), dr. Sofyanto Sp. BS, Dr. Lilih Dwi Priyanto MM, Feri Cahyani (SmartFM).

“Selama ini, muncul kesan di masyarakat apabila operasi batang leher itu kalau tidak mati ya lumpuh. Barangkali itu masa lalu, harus diubah mindset keliru itu. Sekarang dokter Indonesia sudah hebat,” tegas Sofyan yang mendalami bedah saraf mikro itu.

Bahkan, kata dia, untuk operasi semacam ini tidak lagi ada pembedahan besar dan tidak ada darah sama sekali. “Paling ada lubang kecil di leher, sehingga tidak ada jahitan atau bekas luka besar. Cukup diberi pembalut dan plester. Keluarga bisa menyaksikan langsung lewat layer televisi yang sudah tersedia. Operasinya juga tidak membutuhkan waktu berjam – jam. Sekarang cukup antara satu jam sampai satu setengah jam,” tutur ahli bedah saraf dari Rumah Sakit Bedah Saraf.

Selain itu, jelas Sofyan, penderita spondylosis cervical (kecetit leher) sangat tersiksa. Penderita mengalami kesakitan di kepala, bahu, di tangan, dada, kesulitan buang air kecil bahkan sampai pada tingkat impotens.

“Akibatnya tidak produktif. Kalau ini tidak segera dioperasi, maka kehidupan penderita akan menurun dan sangat menyiksa. Sekarang penyakit ini bisa disembuhkan secara total,” tegasnya.

Penderita leher kecetit sering diderita orang yang usia 40 tahun ke atas, tetapi sekarang ini dengan adanya alat – alat komunikasi dan televisi, dan computer akan semakin memperbanyak orang terkena penyakit ini, “computer, televisi dan alat komunikasi sering memaksa leher kita tertekuk. Main games berjam – jam, sehingga leher tertekuk. Demikian juga main BBM dan computer berjam – jam akan memperparah. Nonton televisi saat tidur, dengan cara menekan bantal di kepala. Cara ini menekan leher tertekuk,” kata Sofyan.

Indonesia mengalami kemajuan pesat dalam teknik operasi cervical, bahkan Surabaya sudah menjadi rujukan pasien dari luar negeri. “Jadi kami sudah mampu bersaing dengan luar negeri. Banyak pasien luar negeri datang ke Surabaya untuk menjalani operasi ini. Mereka senang karena pelaksanaan operasinya cepat, mudah dan tidak mengerikan seperti yang dibayangkan,” tuturnya. Operasi cervical dilaksankan dengan cara mengganti bantalan pada tulang leher. (ps)


Hari Ini Gathering di Gran Senyiur (Tribun Kaltim, Minggu, 10 Maret 2013)

 

Ketua Brain & Spine, dr. Lilih Dwi Priyanto, MM mengatakan, hari ini Minggu (10/3), BSC menyelenggarakan gathering untuk warga Balikpapan.

“Kami undang langsung ahlinya untuk memberikan penjelasan tentang operasi otak dan cervical. Saya sendiri sebagai mantan pasien yang mengalami gangguan pada saraf ketujuh. Wajah saya terasa sakit mata pedih dan sakit. Sudah empat tahun berusaha mencari kesembuhan ini. Setelah operasi, matasaya langsung terangg dan wajah terasa ringan. Saya pikir ada perubahan apa ? Eh, ternyata saya sudah sembuh dari penderitaan ini,” kata Lilih.

Sekarang dia duduk sebagai Ketua BSC dan terus menerus mengampanyekan kesehatan otak dan tulang belakang.

‘’Anggota kami adalah para mantan pasien yang sudah bisa disembuhkan. Termasuk pak Jos Soetomo (pemilik Gran Senyiur) juga berhasil disembuhkan berkat operasi yang sudah dilaksanakan. Oleh karena itu gathering kali ini kami laksanakan di Gran Senyiur atas undangan Pak Jos,’’ tuturnya. Acara ini terbuka bagi siapapun terutama penderita sakit otak dan tulang belakang khususnya batang leher.

Acara dilaksanakan pukul 10.00 – 13.00 undangan gratis. (ps)


Affiliation

  • Komunitas Trigeminal Neuralgia Indonesia
  • Komunitas Cervical Indonesia
  • Comprehensive Brain & Spine
Previous Next

Polling

New Website

Bagaimana pendapat anda tentang tampilan baru website ini?

1
91
Tampilan bagus, isi bagus.
2
71
Tampilan bagus, isi kurang.
3
47
Tampilan kurang, isi kurang.
4
37
Tampilan kurang, isi bagus.
5 Votes left

Surabaya Corner

 peta-surabaya

Surabaya atau lebih dikenal sebagai Kota Pahlawan dengan pertempuran heroik nya yang terjadi di tahun 1945 antara Pejuang-pejuang Arek-Arek Suroboyo melawan tentara Inggris.

Read more...

“The Soerabaja”, Games Souvenir Khas Surabaya Bikinan Mahasiswa Ubaya


sovenir-thesoerabaja 
 

Surabaya yang dikenal sebagai Kota Pahlawan ternyata belum memiliki souvenir yang benar – benar khas Surabaya.

Read more...

Jadi Tempat Nongkrong Anak Muda Sampai Fasilitas Manula


surabaya                    


Kota Surabaya saat ini tidak hanya dikenal dengan kebersihan dan kerapiannya saja tapi juga dikenal memiliki puluhan taman indah yang tersebar di berbagai penjuru kota. Taman yang lengkap dengan  aneka bunga tersebut tidak hanya berfungsi sebagai paru-paru kota tapi sekaligus menjadi tempat wisata bagi warga.

Read more...