Tak terbayang oleh Drs. Lilih Dwi Prayitno M.Mt sebelumnya, kalau ia bakal menderita Hemi Facial Spasm (HFS). Meski sudah berusaha dengan segala cara tetapi belum saja menemukan jalan. Berkat kegigihannya, pria yang akrab dipanggil Lilih pun berhasil sembuh di negeri sendiri

Sebagai penderita HFS, Lilih mengaku rasanya tidak sakit, namun ia malu kepada teman dan orang-orang yang ditemuinya. Pengalaman yang sudah dialami oleh Lilih yang saat ini menjabat sebagai direktur progam laboratorium CNC BLPJ Surabaya ini bermula dari kedutan yang secara terus menerus dan tak lama kemudian pipi ikut-ikutan bergerak secara spontan. Gejala ini terus merembet hingga otot tertarik sebelah dan wajah menjadi merot atau miring.

Karena keadaan ini, Lilih mengaku malu kepada orang-orang yang ditemuinya. Atas dasar ini pula ia membatasi intensitas bertemu orang dan mengambil kuliah lagi di Universitas Negeri Jogjakarta dengan Progam Studi Pendidikan Tehnologi Kejuruan. Meski tidak efektif, namun cara ini dilakukan dengan harapan agar intensitas bertemu orang tidak terlalu sering.

Suatu ketika secara tak sengaja ketika ia mendengar bahwa di Jepang ada seorang ahli HFS yang bisa menyembuhkan total penyakit tersebut. Mendengar itu Lilih pun segera bergegas untuk berobat kesana. Namun niatnya tidak sampai tujuan di Jepang, lantaran atas info dari teman bahwa di Indonesia ada dokter yang bisa menyembuhkan.

Nama dokter itu dr. Sofyanto SpBS pun disebut sebagai satu-satunya dokter yang bisa menyembuhkan HFS itu. Dari dr. Sofyan inilah Lilih mengaku punya harapan untuk sembuh. Harapan itu bukan tinggal harapan, keinginan dan kegigihannya untuk sembuh pun dikabulkan Tuhan.

Dengan pengalamannya tersebut, kini Lilih berbagi pengalaman, pesan dan memberikan pendidikan pada penderita HFS. Kerena penyakit ini begitu menganggu performance orang seperti yang sudah ia alami selama ini. Lilih menuturkan bahwa dengan cara berbagi pengalaman serta memberikan edukasi inilah, seseorang bisa sembuh. Edukasi ini menurutnya untuk memberikan pengertian kepada orang-orang agar tidak takut pada operasi. “Kebanyakan orang yang punya duit takut operasi, namun yang tidak punya terkadang tak takut, kami ingin menggabungkan keduanya yang punya duit dan tak takut operasi,” ungkap Lilih saat ditemui di hotel JW. Mariot dalam acara Gathering Penderita dan Eks Penderita HFS.

Tidak butuh waktu lama karena sudah didukung peralatan yang memadai. Operasi berlangsung kurang lebih selama 2 sampai 3 jam. Meski pada awalnya takut, atas kegigihannya untuk sembuh rasa takut itupun terkalahkan. “Sampai istri saya gak berani melihat karena takut,” tukasnya.

Nah, dengan pengalamannya yang sangat berharga ini, ia ingin orang lain pun mengambil manfaat dari pegalamannya selama perjuangannya mencari dokter. Padahal dikatakan Lilih bahwa penderitanya di Indonesia ini cukup banyak, namun tak tahu harus berobat kemana dan kepada siapa. Atas dasar itulah Lilih yang kini ditunjuk selaku Kepala Asosiasi HFS ingin memprakarsai agar mereka juga akan sembuh. (Ima, Surabaya e-Health, 24 Oktober 2008)

Affiliation

  • Komunitas Cervical Indonesia
  • Komunitas Trigeminal Neuralgia Indonesia
  • Comprehensive Brain & Spine
Previous Next

Polling

New Website

Bagaimana pendapat anda tentang tampilan baru website ini?

1
91
Tampilan bagus, isi bagus.
2
71
Tampilan bagus, isi kurang.
3
47
Tampilan kurang, isi kurang.
4
37
Tampilan kurang, isi bagus.
5 Votes left

Surabaya Corner

 peta-surabaya

Surabaya atau lebih dikenal sebagai Kota Pahlawan dengan pertempuran heroik nya yang terjadi di tahun 1945 antara Pejuang-pejuang Arek-Arek Suroboyo melawan tentara Inggris.

Read more...

“The Soerabaja”, Games Souvenir Khas Surabaya Bikinan Mahasiswa Ubaya


sovenir-thesoerabaja 
 

Surabaya yang dikenal sebagai Kota Pahlawan ternyata belum memiliki souvenir yang benar – benar khas Surabaya.

Read more...

Jadi Tempat Nongkrong Anak Muda Sampai Fasilitas Manula


surabaya                    


Kota Surabaya saat ini tidak hanya dikenal dengan kebersihan dan kerapiannya saja tapi juga dikenal memiliki puluhan taman indah yang tersebar di berbagai penjuru kota. Taman yang lengkap dengan  aneka bunga tersebut tidak hanya berfungsi sebagai paru-paru kota tapi sekaligus menjadi tempat wisata bagi warga.

Read more...