josepha

Oleh : Yosepha Hartiningsih - Jakarta

Tidak kurang dari sepuluh tahun, wanita bernama lengkap Yosepha mengalami kejang pada separuh wajah kanannya. Ia mengatakan sudah lama sekali menderita kedutan di wajahnya itu. “Jika dikatakan sepuluh tahun itu sebenarnya lebih “, tambah Yosepha sambil mengernyitkan dahinya meyakinkan.

Wanita kelahiran Jogja ini mengaku sudah berobat untuk bisa mendapatkan wajahnya normal kembali. Namun sampai sepuluh tahun ia hidup dengan spasme yang selalu mengganggu aktifitasnya. Apalagi semakin lama spasme di wajah kanannya semakin tinggi intensitasnya.

Wanita berusia 57 tahun ini tidak pernah merasa malu dengan adanya spasme di sisi wajah kanannya itu, meskipun profesinya adalah sebagai guru yang setiap hari menghadapi orang – orang banyak dan mengajar para murid - muridnya. “Pernah waktu mengajar saya di tanya sama murid saya, Ibu kenapa itu matanya kok kedip - kedip terus? Ya saya jawab dengan biasa saja karena mereka sudah besar – besar dan mengerti apa yang saya alami”, tutur Yosepha mengenang.

Bukan hanya para siswa siswi, sebagian teman – temannya pun menanyakan kedutan pada wajah Yosepha. Namun Ibu tiga anak ini tidak pernah takut atau gentar karena yang menimpa dirinya juga bukanlah penyakit, malah dia semakin bersemangat untuk mencari kesembuhan. Dari tusuk jarum, botox dan pergi ke dokter saraf ia lakukan. Hingga pada akhirnya ada dokter yang menyarankan untuk berobat ke Surabaya, namun ia masih berfikir panjang. “Sekitar tiga tahun yang lalu dokter di Jakarta sudah menyarankan saya untuk ke sini tapi saya masih mikir – mikir, karena jauh juga ke Surabaya”, cerita Yosepha.

Dan setelah sekian lama, akhirnya pada 2013 Yosepha bisa berobat di Surabaya ditemani oleh suaminya. 8 Mei 2013 operasinya di lakukan oleh dr. Sofyanto SpBS dan Yosepha merasa sangat senang karena kedutan di sisi wajahnya sudah tidak ada lagi. Sebelum pulang ke Jakarta Yosepha juga menyampaikan pesan untuk dr.Sofyanto SpBS. “Sampaikan salam dan terimakasih saya kepada dr. Sofyanto ya mbak !!”, ucapnya menitip pesan pada tim Brain & Spine saat menemuinya di kamar pasien.

Wajah Yosepha terlihat sangat sumringah sekali dan ia mengatakan sudah bisa tersenyum dengan simetris karena wajahnya yang sempat merot karena Hemifacial Spasm sudah tidak ada lagi. “Nah, Kalau sekarang saya bisa tersenyum kalau di foto”, ungkapnya dengan ceria.

Affiliation

  • Comprehensive Brain & Spine
  • Komunitas Trigeminal Neuralgia Indonesia
  • Komunitas Cervical Indonesia
Previous Next

Polling

New Website

Bagaimana pendapat anda tentang tampilan baru website ini?

1
91
Tampilan bagus, isi bagus.
2
71
Tampilan bagus, isi kurang.
3
47
Tampilan kurang, isi kurang.
4
37
Tampilan kurang, isi bagus.
5 Votes left

Surabaya Corner

 peta-surabaya

Surabaya atau lebih dikenal sebagai Kota Pahlawan dengan pertempuran heroik nya yang terjadi di tahun 1945 antara Pejuang-pejuang Arek-Arek Suroboyo melawan tentara Inggris.

Read more...

“The Soerabaja”, Games Souvenir Khas Surabaya Bikinan Mahasiswa Ubaya


sovenir-thesoerabaja 
 

Surabaya yang dikenal sebagai Kota Pahlawan ternyata belum memiliki souvenir yang benar – benar khas Surabaya.

Read more...

Jadi Tempat Nongkrong Anak Muda Sampai Fasilitas Manula


surabaya                    


Kota Surabaya saat ini tidak hanya dikenal dengan kebersihan dan kerapiannya saja tapi juga dikenal memiliki puluhan taman indah yang tersebar di berbagai penjuru kota. Taman yang lengkap dengan  aneka bunga tersebut tidak hanya berfungsi sebagai paru-paru kota tapi sekaligus menjadi tempat wisata bagi warga.

Read more...